Sebelum mengenal lebih jauh tentang web science, kita
mengenal dulu apa yang dimaksud web science itu sendiri. Web science sendiri
terdiri dari kata web, yaitu sebuah ruang informasi (gambar, tulisan, suara,
dll) yang sangat berguna dan dapat diakses dengan mudah oleh user melalui
browser dan merupakan teknologi yang mempercepat akselerasi peradaban manusia.
Sedangkan science itu sendiri berkaitan dengan Ilmu pengetahuan yang dapat
digunakan oleh semua orang.
Sehingga dapat disimpulkan Web science adalah suatu ilmu
pengetahuan yang diberikan untuk membuat dan memanipulasi web yang ada dari
system informasi dengan menggunakan internet.
Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan generasi
Web. Sejak diperkenalkan Web (www / World Wide Web) pada tahun 1990 oleh Tim
Berners-Lee hingga sekarang web terus berkembang sesuai kemajuan zaman dan
teknologi.
Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web
Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari
Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton,
ECS. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara
meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Adapun manfaat Web science pada E-Commerce yaitu :
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris:
Electronic commerce, juga e commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan,
pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau
televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini
sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan
transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply
chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online
marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing),
pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di
mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi
mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan
pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan
teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat
elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya
sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat
pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di
suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik
menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang
lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat
non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar
US pada tahun 2011.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar