Jumat, 29 Maret 2013

Web Science


Sebelum mengenal lebih jauh tentang web science, kita mengenal dulu apa yang dimaksud web science itu sendiri. Web science sendiri terdiri dari kata web, yaitu sebuah ruang informasi (gambar, tulisan, suara, dll) yang sangat berguna dan dapat diakses dengan mudah oleh user melalui browser dan merupakan teknologi yang mempercepat akselerasi peradaban manusia. Sedangkan science itu sendiri berkaitan dengan Ilmu pengetahuan yang dapat digunakan oleh semua orang.
Sehingga dapat disimpulkan Web science adalah suatu ilmu pengetahuan yang diberikan untuk membuat dan memanipulasi web yang ada dari system informasi dengan menggunakan internet.
Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web. Sejak diperkenalkan Web (www / World Wide Web) pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee hingga sekarang web terus berkembang sesuai kemajuan zaman dan teknologi.
Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Adapun manfaat Web science pada E-Commerce yaitu :
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Web Science


Sebelum mengenal lebih jauh tentang web science, kita mengenal dulu apa yang dimaksud web science itu sendiri. Web science sendiri terdiri dari kata web, yaitu sebuah ruang informasi (gambar, tulisan, suara, dll) yang sangat berguna dan dapat diakses dengan mudah oleh user melalui browser dan merupakan teknologi yang mempercepat akselerasi peradaban manusia. Sedangkan science itu sendiri berkaitan dengan Ilmu pengetahuan yang dapat digunakan oleh semua orang.
Sehingga dapat disimpulkan Web science adalah suatu ilmu pengetahuan yang diberikan untuk membuat dan memanipulasi web yang ada dari system informasi dengan menggunakan internet.
Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web. Sejak diperkenalkan Web (www / World Wide Web) pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee hingga sekarang web terus berkembang sesuai kemajuan zaman dan teknologi.
Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Adapun manfaat Web science pada E-Commerce yaitu :
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar